Bupati Donggala Belajar Ilmu Pariwisata Budaya di Denpasar

BALIPORTALNEWS.COMProgram Pariwisata  berbasis Budaya dan kerakyatan yang getol dikembangkan Walikota Denppasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara dengan keterlibatan partisipasi masyarakat terdengar hingga ke Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Berbagai langkah-langkah yang dilakukan Walikota Rai Mantra dalam pengembangan program pariwisata budaya di Kota Denpasar dilihat dan ingin ditiru serta dikembangkan di Kabupaten Donggala. Kehadiran Bupati Donggala Kasman Lassa di Kota Denpasar pada Jumat (23/9/2016) diterima langsung Walikota Rai Mantra di kantor setempat.

"Kehadirannya kami disini ingin menimba ilmu langsung dengan Walikota Rai Mantra tentang program-program pariwisata budaya yang telah dilaksanakan di Kota Denpasar," kata Bupati Donggala Kasman Lassa.

Dalam penerimaan tersebut Rai Mantra mengucapkan terimakasih kepada Kabupaten Donggala yang telah memilih Denpasar sebagai tempat bertukar pikiran dan secara bersamasa-sama nantinya dapat melaksanakan program pariwisata dimasing-masinhg daerah.

Dikatakan pelaksanaan program pariwisata di Kota Denpasar tentunya tak terlepas dalam keterlibatanh partisipasi dari seluruh masyarakat baik dari kegiatan pelestarian, dan penguatan budaya, infrastruktur, kebersihan, sosial, keamanan dan ketertiban hingga pendidikan.

Seperti dalam penataan infrastruktur dan tataruang wilayah dapat dilakukan penataan secara baik. Hal ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan penataan kawasan dan promosi pariwisata kedepan. “Saat ini para wisatawan mancanegara khususnya mencari sebuah pemandangan alam dan kawasan-kawasan pariwisata yang masih kental dengan lingkungan masyarakat, keindahan alam dan kegiatan adat masyarakat yang ada,” ujar Rai Mantra.

Keberadaan cottage-cottage dengan melibatkan lingkungan rumah warga masyarakat menjadi hal yang menarik dan dicari para wisatwan saat ini, tentu hal ini dapat menjadi sebuah pertimbangan Kabupaten Donggala yang memiliki keindahan alam dan pantai yang sama dengan Bali.

Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan kehadirannya di Denpasar tak terlepas dari permintaan masyarakat bersama-sama seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Donggala untuk melakukan penataan kawasan pariwisata didaerah Donggala. Sehingga kehadirian kami disini ingin menimba ilmu langsung dari Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra yang telah melakukan program pariwisata budaya di Kota Denpasar.

“Kami datang bersama dinas terkait dan unsur wartawan media cetak dan elektronik ingin menimba ilmu langsung di Kota Denpasar dan bertemu dengan Walikota Rai Mantra serta instansi terkait tentang langkah program dalam pengembangan pariwisata budaya,” ujarnya.

Dari pembahasan ini nantinya kami akan lakukan kajian dan membahas hasil dari pertemuan di Kota Denpasar untuk nantinya dapat menjadi sebuah program kedepan penataan pariwisata di Donggala. (pur/humas pemkot/dps/bpn)