Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan dengan Rahina Tumpek Uduh, ratusan masyarakat Br. Kertasari, Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara sedari pagi dengan penuh khidmat mengikuti serangkaian Upacara Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan Lan Pedudusan Alit, pada Rabu, Saniscara Kliwon – Wariga (13/8/2016) di Pura Khayangan Banjar Kertasari, Kelurahan Peguyangan.

Upacara ini dihadiri langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, yang sekaligus ngaturang punia, didampingi Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodera dan sejumlah tokoh masyarakat adat setempat.

Kelihan Banjar Kertasari, IGN Gde Putra , ditemui seusai acara mengatakan bahwa hingga saat ini Pura Khayangan Banjar Kertasari memiliki pangempon berjumlah total 395 KK (Kepala Keluarga).

”Pada puncak Upacara Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan Lan Pedudusan Alit di Pura Khayangan Banjar Kertasari ini  dipuput oleh Ida Pedanda Putra Pemaron Sideman” ujar IGN Gde Putra.

Baca Juga :  Marak Modus Penipuan dengan File APK Mengancam Warga Bali

Manggala Karya, Jro Mangku Ketut Serinama menjelaskan dudonan karya di Pura Khayangan Banjar Kertasari yang diselenggarakan dari Anggara Wage, Gumbreg 2 Agustus 2016 hingga Selasa, Pon Warigadian 16 Agustus 2016 ini antara lain diisi dengan kegiatan Ngingsah lan Makarya Sanganan Banten pada Sukra Paing Gumbreg 5 Agustus 2016, Melasti ke Segara Padang Galak pada Anggara Umanis Wariga 9 Agustus, Kegiatan Dharma Wacana pada Buda Paing, Wariga 10 Agustus 2016, Nunas Tirta ring Khayangan Desa lan Pura Jagatnatha pada Wrespati Pon Wariga 11 Agustus 2016, dan pada  puncak karya yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wariga 13 Agustus 2016 ini dilaksanakan kegiatan Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, lan Ngaturang Piodal yang diisi dengan pamentasan Wayang Lemah, Topeng Sidakarya, Rejang, Gender dan Bebondresan.

Lebih lanjut Jro Mangku Ketut Serinama mengatakan bahwa selain kegiatan- kegiatan tersebut, juga akan dilaksanakan kegiatan Mapeed yang diikuti seluruh tempekan di Banjar Kertasari dari tanggal 14 Agustus 2016 hingga berakhir pada 16 Agustus 2016.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News