BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta bersama kontingen atlet Bali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 melakukan persembahyangan bersama di Pura Agung Besakih dan Pura Ulun Danu Batur, Rabu (24/3/2016). Persembahyangan bersama  ini dilakukan untuk memohon keselamatan dan kelancaran jelang para atlet tersebut berlaga di arena PON  XIX  yang digelar di Jawa Barat pada 17 September 2016 mendatang.

Wagub Sudikerta yang juga ketua kontingen  PON XIX Bali ini meminta kepada para atlet untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik dari strategi maupun dari kesiapan fisik, mental dan spiritual. Sehingga dalam berlaga di ajang PON nanti, dapat menampilkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Sudikerta juga berpesan agar para atlet memanfaatkan waktu latihan gabungan atau training center yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Bali. ”Saya minta para atlet memanfaatkan latihan TC ini, resapi dari sisi teori maupun prakteknya jangan sampai tidak fokus”, ujarnya.

Untuk memfokuskan diri dalam latihan, Sudikerta juga menghimbau para atlet agar tetap menjaga pola makan dan kondisi kesehatan, agar TC yang cukup berat tidak menghambat tampilan pada saat PON nanti. Disamping itu, Sudikerta menegaskan kepada para pelatih fokus dalam membimbing para atlet, agar para atlet tersebut betul-betul memiliki gambaran terhadap strategi yang harus di terapkan dalam pertandingan.

Ia optimis dengan kemauan serta kekompakan antara pelatih dan para atlet dapat memberikan hasil yang maksimal dalam memperebutkan medali. “Sebelumnya atlet PON Bali berhasil meraih emas sebanyak 15 sedangkan tahun ini saya harap para atlet dapat meraih minimal 25 medali emas, ” ujar orang nomor dua di Bali tersebut.

Sementara itu, Ketua KONI Bali Ketut Swandi mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Bali dalam mempersiapkan para atlet untuk mengikuti perhelatan olahraga nasional tersebut. Ia juga melaporkan, bahwa terdapat 484 atlet yang akan berlaga dalam PON nanti, terdiri dari 362 atlet dari 36 cabang olah raga dan 122 orang pelatih.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa persiapan dalam mengikuti PON telah dimulai sejak Februari 2016 lalu dan sampai saat ini para atlet masih mengikuti pelatihan intensif, yang berupa pemberian palatihan teori dan strategi praktek. Ia berharap dengan segala persiapan yang telah dilakukan dapat memberikan hasil yang terbaik kepada masyarakat Bali dan dapat mengharumkan nama Bali di ajang nasional.

Dalam acara persembahyangan tersebut, Wagub Sudikerta juga didampingi oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali Ketut Wija dan Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali I Nengah Laba. (humas pemprov bali/bpn)