Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Guna mengajak semua komponen masyarakat untuk ikut peduli dan bertanggung jawab mewujudkan Denpasar bersih dan hijau (Denpasar Clean and Green), Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Denpasar menyelengarakan Pameran Daur Ulang dan Gerakan Kebersihan Lingkungan Kota Denpasar, Sabtu (27/8/2016) di Lapangan Parkir Timur Taman Kota Lumintang.

Dimana kegiatan ini dihadiri dan di buka langsung oleh Sekda Kota Denpasar A.A.N. Rai Iswara yang di tandai dengan pelepasan burung merpati ke udara. Sebelum kegiatan di mulai, Sekda Rai Iswara yang pada kesempatan ini didampingi oleh Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gst Ngurah Gede, Kadis DKP Kota Denpasar Ketut Wisada dan Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra, juga sempat meninjau stand-stand pameran daur ulang yang terbuat dari sampah.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Upacara Melaspas dan Pujawali di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kesiman

Masalah kebersihan sekarang ini merupakan masalah kebutuhan primer kita bersama, dikarenakan ini merupakan kebutuhan mutlak bagi masyarakat Denpasar. Oleh sebab itu, diharapkan prosesi pelaksanaan dan penanganannya harus dilaksanakan secara bersama, demikian disampaikan Sekda Rai Iswara saat di temui di sela-sela peninjauan pameran berlangsung. Dimana Bapak Walikota selalu memberikan kesempatan kepada masyarakatnya untuk berpartisipasi di dalam memberikan suatu inovasi-inovasi pemecahan masalah di dalam penanganan kebersihan.

“Seperi ibarat, walaupun sebuah payung itu tidak bisa menghentikan hujan, akan tetapi payung itu bisa menghantarkan kita ketempat tujuan yang ingin kita capai, jadi dengan sebuah inovasi, walaupun tidak sertamerta bisa memecahkan masalah kebersihan, akan tetapi setidaknya kita bisa mengarah dalam penanganan kebersihan yang baik”, ungkapnya.

Baca Juga :  Dukung Medical Tourism di Bali, PLN Percepat Penyalaan Listrik Pembagunan Baru RSU Bali Royal

Untuk ini sebuah kampaye merupakan suatu sosialisasi yang menjadi sebuah inti, dengan mengkampayekan Denpasar menjadi kota bersih dan bebas sampah maka diharapkan kedepannya ini semua bisa terwujud, dimana proses untuk menju itu semua harus terus menerus dilaksanakan dengan mengatasi permasalahan-permasalahan kebersihan dengan partisipasi seluruh komponen, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat pada umumnya.

Sementara Kabid Operasional Kebersihan DKP Kota Denpasar Ketut Adi Wiguna mengatakan, pelaksanaan Pameran Daur Ulang dan Gerakan Kebersihan Lingkungan Kota Denpasar bertujuan untuk menumbuhkan serta meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat akan arti pentingnya kebersihan lingkungan. Serta untuk memberdayakan bank-bank sampah di Kota Denpasar agar ikut berperan di dalam membeli sampah-sampah an-organik yang ada di masyarakat.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri FGD BPJS Ketenagakerjaan, Bahas Perlindungan Terhadap Pekerja Rentan di Kota Denpasar

Untuk itu kegiatan ini di kemas sekreatif mungkin dengan mengadakan pameran daur ulang sampah, sosialisasi dari bank sampah, lomba yel-yel dan pidato kebersihan, lomba daur ulang dan melukis sampai dengan lomba fashion show tingkat SD dengan menggunakan pakian dari daur ulang sampah, semua ini untuk menarik minat masyarakat akan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News