Rayakan Hari Jadi Provinsi Bali Ke-58, Pastika Ajak Masyarakat Jadikan Momentum Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Bermasyarakat

BALIPORTALNEWS.COMPeringatan Hari Jadi Provinsi Bali yang ke-58  merupakan momentum historis untuk mengenang peristiwa pembentukan Provinsi yang juga disebut sebagai pulau dewata ini. Untuk itu Pastika mengajak semua komponen masyarakat Bali mengambil makna penting dari perjuangan itu dalam meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat.

Hal itu disampaikannya ketika menjadi inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi ke-58 Provinsi Bali di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Minggu (14/8/2016). Tidak hanya itu, secara khusus Ia juga mengajak jajarannya di pemerintahan untuk menjadikan momen ini dalam mengevaluasi pelaksanaan program pembangunan secara menyeluruh.

"Melalui peringatan ini saya ingin mengajak jajaran untuk mengevaluasi program kerjanya, sehingga ke depan pembangunan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pastika mengingatkan melalui tema peringatan, yakni "Melalui semangat Hari Jadi ke-58 Provinsi Bali, Kita Kerja Lebih Keras, Cerdas, Berkualitas, Ikhlas dan Tuntas" sebenanrnya mengandung spirit bagi seluruh komponen masyarakat Bali untuk senantiasa memantapkan komitmen dalam mensukseskan pembangunan daerah. Ia juga menyampaikan bahwa Provinsi Bali hingga saat ini telah melaksanakan pembangunan daerah secara konsisten berdasarkan lima prinsip dasar pembangunan yaitu, pro growth, pro poor, pro job, pro environment dan pro culture.

"Filosofi Tri Hita Karana yang adilihung secara konsisten juga tetap menjadi pijakan dalam implementasi detiap kebijakan pembangunan," imbuhnya. Dan dia menegaskan dasar-dasar pembangunan dan filosofi tersebut terus digunakannya dalam mensukseskan program Bali Mandara yang sudah memasuki  jilid II ini.

Dalam konteks pembangunan dan pencapaian Provinsi Bali, Pastika juga meminta jajarannya untuk selalu meningkatkan kinerja, berbenah diri dan tidak merasa cepat puas. Meski mendapatka  berbagai penghargaan atas prestasi yang telah diraih serta berbagai indikator statistik kemajuan pembangunan, Patika meminta jajaranya tidak cepat puas bahkan semakin  serius dalam bekerja demi mengurangi tingkat kemiskinan di Bali.

"Namun saya harap pencapaian ini tidak boleh membuat terlena dan berpuas diri karena masih banyak permasalahan pembangunan dan kemasyarakatan yang harus diselesaikan," tegasnya.

Dalam momen itu, Pastika juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh jajaran Pemprov Bali, Bupati/Walikota, Camat, Lurah dan Kepala Desa serta Jero Bendesa dan para prajuri adat se-Bali beserta seluruh komponen masyarakat Bali atas kerja keras dan partisipasinya selama ini dalam mensukseskan pembangunan. "Pembangunan Bali hakikatnya adalah pembangunan bagi seluruh masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Bali.

Dan dalam momen ini saya juga menyampaikan selamat hari Pramuka yang ke 55, semoga hari ini bisa dijadikan momentum untuk senantiasa memantapkan komitmen membangun gerakan kepanduan, sebagai integral dari pembangunan generasi muda Bali," tandasnya.

Pada peringatan hari jadi Peov Bali tersebut, diserahkan juga tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya sebagai penghargaan atas dharma bakti ASN yang bekerja penuh ksetiaan pada Pancasila dan UUD 1945 secara penuh pengabdian kejujuran kecakapan dan disiplin terus menerus dalam kurun waktu 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Selain itu, dalam rangka menggugah kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan, sebelumnnya para kepala SKPD beserta jajarannya telah diimbau untuk  menyisihkan rezekinya dalam sebuah celengan donasi di masing masing SKPD, yang kemudian secara serentak dipecahkan seusai upacara. Setelah dipecahkan dandilakukan penghitungan dari   seluruh celengan diperoleh uang sebesar  Rp. 233.018.800,00.  Uang tersebut nantinya  akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu di Bali yang membutuhkan.

Upacara dihadiri Jajajran DPRD Provinsi Bali, Wagub Sudikerta, Jajaran Forkompinda Provinsi Bali, para anggota Legiun Veteran Republik Indonesai (LVRI) Provinsi  Bali seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemprov Bali.

Sumber : Humas Pemprov Bali