Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra menegaskan, pemuda merupakan kunci utama dalam sebuah perubahan.

‘’Jadi sebenarnya aset terbesar yang di miliki bangsa Indonesia saat ini adalah pemuda. Dikarenakan pemuda merupakan sebuah kunci dasar dari semua perubahan, dari jaman sejarah sebuah orde itu pasti pemuda yang sangat berperan penting didalam membawa arah perubahan,’’ tegas Rai Mantra saat tampil sebagai pembicara dan narasumber Student Day Iustitia yang di selenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Udayana (Unud), Selasa (30/8/2016)

Baca Juga :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya Hingga Pembagian Doorprize

Lebih lanjut dikatakan Rai Mantra, nasionalisme merupakan kesadaaran sebuah keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan dan mengabdikan identitas, intergritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa itu dengan semangat kebangsaan.

Masalah nasionalisme merupakan masalah yang global. Jadi kita harus mengetahui sekarang ini kita hidup di era apa. ‘’Dimana kita ini ada di empat era, kalau pada tahun 70-an kita ada di era pertanian, terus masuk ke era 80-an kita berada di era industrialisasi, masuk ke era 90-an kita berada di era telekomunikasi, dan sekarang ini kita berada di era kreativitas yakni ekonomi kreatif,’’ ujar Rai Mantra.

Baca Juga :  Dies Natalis Ke-46 Politeknik Pariwisata Bali, Ajak Semua Civitas Perkuat Kebersamaan

Ditegaskan Rai Mantra, nasionalisme itu bisa di mulai dengan hal-hal yang mudah dengan menjadikan sesuatu yang ada di sekitar kita menjadi sebuah kecintaan. Rai Mantra mencontohkan , seperti  mencintai produk dalam negeri,  mencintai kuliner kita sendiri dengan cara mempromosikan apa yang kita miliki ini dan menikmatinya sebagai hasil sebuah budaya bangsa.

Selebihnya Rai Mantra mengatakan karakteristik yang tumbuh ini juga merupakan masalah nasionalisme. ‘’Bagaimana kita membangkitkan nasionalisme itu, yakni kita harus memiliki entreprenurship, memiliki kreativitas, dan harus produktif, karena yang kita hadapi di dunia ini adalah sebuah karakter, karena karakter itu merupakan sebagai outcome,’’ pungkas Rai Mantra. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News