Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Raimuna Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar 2016 merupakan ajang kreasi bagi Pramuka Penegak dan Pandega dimana mereka akan bisa memunculkan hasil karya yang nantinya akan bermanfaat terhadap masyarakat sekitar.

‘’Para peserta dituntut agar bisa bekerja sama serta bertukar wawasan sehingga nantinya mereka akan bisa menjadi pembina bagi rekan rekannya baik di sekolah maupun di masyarakat,’’ ujar Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarda Bali, I Made Danayang saat membuka Raimuna Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar 2016 di Bumper Mawang, Ubud, Kamis (25/8/2016).

Sebanyak 224 anggota pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Gianyar mengikuti acara Raimuna Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar 2016. Keseluruhan peserta merupakan perwakilan dari masing- masing ranting di kecamatan se- Kabupaten Gianyar.

Raimuna adalah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan Perpanitra (Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra), Peran Saka (Perkemahan Antar Satuan Karya) dan Perkemahan Wirakarya.

Baca Juga :  Kementerian Sosial RI dan Ajik Krisna Bersatu Membuka Peluang Kerja Bagi Difabel di Bali

Sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. Raicab Gianyar 2016 berlangsung mulai Rabu (24/8/2016)  hingga  Minggu (27/8/2016)  mendatang.

Upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Raicab) Gianyar 2016 dihadiri oleh perwakilan SKPD dan Forkopinda di lingkungan Kabupaten Gianyar, Kamabiran dan Kakwarran, para bendesa dan kepala desa beserta lingkungan di Desa Adat Mawang.

Ketua Panitia Kegiatan, I Made Bayu Mahardika mengatakan Raicab Gianyar 2016 mengusung tema “Bersatu Bersama Membangun Bangsa”. Dikatakan  terdapat enam kegiatan pokok dalam Raimuna Cabang Gianyar 2016 meliputi pembinaan mental dan spiritual, kemantapan Jasmani, wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan dan aksi kepedulian terhadap masyarakat.

Acara Raicab Gianyar 2016 kali ini diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya lomba stand up comedy, kebersihan lingkungan, pramuka peduli, lomba fotografi, pengembaraan, sosialisasi HIV & AIDS, pembudidayaan lebah madu, kunjungan ke panti asuhan, karnaval serta pentas seni .

Rangkaian upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar 2016 ini ditutup dengan peninjauan para undangan ke areal perkemahan yang telah ditata sedemikian rupa oleh para peserta kemah. (agy/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News