BALIPORTALNEWS.COMIndia dan Bali memiliki hubungan yang sangat erat dan istimewa karena latar belakang masyarakat keduanya yang memeluk agama Hindu . Dan hubungan tersebut kedepannya diharapkan akan menjadi semakin terbangun sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal bagi keduanya. Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima Kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut India, Sunil Lanba, di ruang kerja Gubernur, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (12/8/2016).

Pastika mengatakan saat ini Bali telah menjadi salah satu destinasi  wisatawan dari India, begitu juga sebalikanya wisatawan Bali banyak yang melakukan tirta yatra ke India sehingga banyak biro perjalanan di Bali yang menyediakan paket jasa wisata ke India. “Saya sudah dua kali kesana, dan kedua – duanya adalah tirta yatra, mungkin lain waktu saya akan kesana kembali dengan tujuan yang berbeda,” tuturnya.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Bukan hanya itu, menurut Pastika saat ini juga ada siswa – siswa dari Bali yang belajar di India, mengingat India sangat maju dalam bidang teknologi.  Ke depan Pastika juga mengharapkan dapat terjalin hubungan yang erat di bidang keamanan khususnya wilayah perairan sehingga mampu untuk menciptakan rasa aman yang nantinya akan berimbas kepada rasa nyaman dari para wisatawan saat berkunjung ke Bali.

“Semoga Angkatan Laut kita juga bisa bekerja sama dengan baik sehingga mampu menjaga dan memberikan keamanan di wilayah perairan kita,” tegas Pastika.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut India laksamana Sunil Lanba mengaku sangat berterima kasih atas sambutan hangat Gubernur Pastika. Ia juga menjelaskan bahwa kunjungannya tersebut dimaksudkan untuk bersilahturahmi mengingat dirinya juga pernah mengunjungi Bali pada tahun 1981 sekaligus sebagai perkenalan dirinya sebagai KSAL India yang baru saja dilantik pada 31 Mei 2016 lalu.

Lebih lanjut disampaikan Sunil, ia juga menyambut baik kerja sama yang selama ini sudah berjalan baik selama ini antara Angkatan Laut kedua negara. Menurutnya hubungan kerja sama antara angkatan laut Indonesia dan India hingga saat ini telah terjalin dengan baik.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Adapun kerja sama yang dilaksanakan antara kedua negara meliputi bidang operasi dan latihan, pendidikan dan pelatihan serta kegiatan pertukaran intelijen seperti Forum Navy to Navy Talks (NTNT), kegiatan Western Pacific Naval Symposium (WPNS) Workshop tahun 2016.Selain itu, kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo di Padang, Port Visit dan Passex(operasi perdamaian), Operasi patroli koordinasi india-indonesia (Patkor Indindo) sejak tahun 2002 serta Bidang  Information Exchange (Pertukaran Informasi tentang Hidrografi).

Pada kesempatanitu turut mendampingi Pastika Kepala Dinas Pariwisata Anak Agung Yuniarta dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat Provinsi BalI Putu Gede Jaya Suartama.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News