Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Denpasar Art Space merupakan sebuah tempat edukasi, apresiasi, serta aktivitas seni budaya yang kreatif lahir dari seniman Denpasar. Juga menjadi sebuah penyokong pesatnya pertumbuhan pariwisata yang juga diharapkan memberi imbas pada pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat menerima beberapa tamu yang mengunjungi Denpasar Art Space di Gedung Merdeka Denpasar, Jumat (26/8/2016).

Pendirian Denpasar Art Space yang diprakarsai oleh Pemerintah Kota Denpasar bersama para seniman Kota Denpasar dan  dikelola  oleh BPPD Kota Denpasar sekaligus sebagai Tourist Information Centre di lantai I Gedung Merdeka telah dilaunching beberapa hari lalu.

Rai Iswara yang didampingi Kadisparda Wayan Gunawan mengatakan, tempat ini sebagai salah satu kantong budaya baru yang diharapkan dapat melengkapi sejumlah destinasi pariwisata budaya yang ada di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Musnahkan 96 Box Arsip

“Dengan adanya tempat ini geliat para seniman Kota Denpasar dapat memanfaatkan Denpasar Art Space untuk berkreatifitas. Tempat ini dapat menambah   eksistensi serta menambah kegairahan olah kreatif para seniman Kota Denpasar,” kata Rai Iswara.

Secara pelan namun pasti, dukungan seni dengan berbagai aktivitasnya akan selalu diupayakan yang mana tujuannya untuk mengisi ruang-ruang publik. Selain menyediakan ruang pameran, tempat ini juga bisa dimanfaatkan untuk pelatihan, workshop, diskusi, pemutaran film, pementasan seni pertunjukan, dan kegiatan kreatif lainnya.

“Ke depannya tentu kita tidak bisa berjalan sendiri, melainkan perlu peran serta semua lapisan untuk memperkenalkan Denpasar sebagai  Kota Heritage, Kota Budaya, Kota Kreatif, yang membuat Kota ini kian menarik dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara hingga ke pencinta seni dari seluruh penjuru dunia,” ujar Rai Iswara.

Sementara Koordinator Pameran Art Denpasar, Wayan Redika didampingi Kartunis, Janggo Pramarta mengaku kegiatan ini sejalan dengan visi Kota Denpasar yakni Denpasar kreatif berwawasan budaya dalam keseimbangan menuju keharmonisan.

Kota kreatif berwawasan budaya  merupakan sebuah landskip tentang tumbuhnya beragam gagasan tentang cipta yang bertumpu pada kemuliaan kebudayaan yang mana sejatinya hal tersebut dapat dimaknai sebagai penawaran dan tantangan bagi insan yang gelisah dalam soal kekaryaan.

“Dengan dibangunnya Denpasar Art Space merupakan sebuah gagasan yang sangat strategis serta sebuah bentuk komitmen Kota Budaya menjadi satu ruang pertemuan lintas seni untuk membangun ide kreatif, disamping tempat ini sebagai atmosfer baru ditengah kota. Keberadaanya akan menjadi jembatan yang mempertemukan hasil kekaryaan dengan para budayawan dan masyarakat seni yang kemudian akan menjadi nilai-nilai yang meneguhkan keseimbangan yang harmoni,” kata Redika.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News