Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM –  Sanur memiliki potensi pariwisata laut yang menarik, dengan beragam permainan air yang tentunya menarik dan juga mampu memberi edukasi kepada wisatawan. Berbagai permainan air tersebut diantaranya seawalker, jetski, dan parasailing. Namun pada kesempatan kali ini, tepatnya di Sanur Village Festifal yang ke XI dimana pada Jumat (26/8/2016), wisatawan berkesempatan menanam terumbu karang didalam lautan Sanur.

Bersama tim seawalker dari Puri Santrian, Sanur dan beberapa wisatawan dalam kegiatan coral plantation. Dalam kesempatan tersebut para wisatawan menanam terumbu karang di lautan sanur, sekaligus bonus bermain dengan ribuan ikan yang hidup didasar lautan Sanur.

Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

Sebelum menikmati dunia bawah laut para peserta seawalker sebelumnya diberikan intruksi oleh Wayan selaku instruktur seawalker melaluin video, peserta diajarkan cara komunikasi dibawah laut. Mulai dari komunikasi naik dengan menaikan jempol keatas, turun dengan mengodekan jempol turun kebawal. Memberikan tanda stop dan OK dengan tangan, dan yang lebih penting adalah mengendalikan pendengaran dibawah air.

Tekanan air bawah air bisa membuat pendengaran menjadi sakit, sehingga instruktur memberikan tiga cara ampuh mengendalikan rasa sakit tersebut, pertama dengan menelan air ludah, kemudian bias dengan menggerakkan rahang mulut kekanan dan keriki, dan terakhir bisa melakukan pemulihan pendengaran dengan menutup hidung dan menekan udara agar keluar dari hidung yang tertutp. “Harus lebih santai kalau merasakan sakit pada pendengaran, dan segera melakukan penanganan dengan tiga cara tersebut,” terang Wayan.

Baca Juga :  Jaga Laju Inflasi Jelang Idul Fitri 1445H, Wawali Arya Wibawa Tinjau Pasar Murah di Masjid Al Furqon

Setelah mengganti busana dengan baju yang lebih santai dan ringan untuk dibawa menyelam juga memakai sepatu selam, peserta seawalker akan dijemput oleh sebuah perahu menuju lokasi seawalker. Setibanya dilokasi, peserta akan dikenakan sebuah helm dengan berat 50 kg. “Cukup berat memang, namun didalam lautan rasa berat tersebut tidak akan terasa,” papar Wayan.

Air dasar lautan Sanur tampak bersih dengan spot-spot terumbu karang yang rapi dan ditata semenarik mungkin, terlebih ada juga spot berbentuk hati yang bias digunakan untuk narsis didalam laut.

Baca Juga :  Jawab Kebutuhan Kosumen Honda dalam Satu Aplikasi, Astra Motor Bali Kuatkan #pakeMotorkuXaja

Setelah melakukan aktifitas menanam terumbukarang didasar laut, wisatawan diberikan makanan ikan dalam botol berukuran kecil yang kemudian bias diberikan kepda ikan-ikan. Otomatis, ribuan ikan-ikan laut yang bermotif cantik tersebut akan menyerbu anda. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News