Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai wujud sumbangsih terhadap Pemprov dan masyarakat Bali yang telah mendukung selama mengenyam pendidikan di SMA Bali Mandara secara gratis, para alumni  sekolah menengah bentukan Pemprov Bali tersebut diminta untuk turut mengawal program Bali Mandara. Hal itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat mengumpulkan para alumni di kediamannya di Teras Ayung, Denpasar, Minggu (17/7/2016).

Untuk itu, ia meminta kepada sekitar 89 alumni yang hadir agar  memulai mempelajari apa itu Program Bali Mandara untuk kemudian memahaminya lebih dalam. “Berkat program Bali Mandara, SMA kalian ada, itu adalah implementasi mensejahterakan rakyat di bidang pendidikan. Jadi sudah seharusnya kalian pahami dengan baik dan sebarkan ke orang sekitar kalian terutama di lingkungan kampus,” pintanya.

Baca Juga :  SMP Sapta Andika Denpasar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru dengan Semangat Inovasi Digital

Untuk mengimplementasikan rencana tersebut, Pastika berniat mengundang sekali lagi para alumni yang terdiri dari lulusan 2014, 2015 dan 2016 mengunjungi Bagian Perencanaan dan Pembangunan Daerah Bali, agar bisa memahami dasar perencanaan pembangunan di Bali. “Kalian bisa belajar disana alur perencanaan pembangunan provinsi Bali, hingga rencana budgetingnya, sehingga kelak kalian bisa memberikan sumbangsih untuk rakyat Bali,” imbuhnya.

Dalam pertemuan sore itu, orang nomor satu di Bali ini juga menyampaikan tujuan mengumpulkan para alumni adalah ingin tetap menjalin komunikasi. Pastika tidak menginginkan apa yang sudah didapat di sekolah dilupakan begitu saja, karena terpengaruh lingkungan baru. “Tiap butir nasi yang kalian makan di asrama dulu adalah dari uang rakyat Bali yang belum tentu makan, jadi jangan lupakan apa yang kalian dapat di sana, dan juga gemblengan guru selama ini. Jangan sampai terpengaruh hal negatif dari luar,” tegasnya.

Baca Juga :  ITDC Pertahankan Sertifikasi SNI ISO 37001:2016

Bahkan terbersit keinginan Pastika untuk membangun sebuah asrama di dekat beberapa kampus rujukan para alumni, agar bisa memantau mereka dan juga meringankan biaya hidup. Sehingga dia berharap, meskipun sudah tidak bersekolah di SMA besutannya, para alumni diharapkan masih mempunyai spirit yang telah ditanamkan oleh para guru di sana. “Sesuai moto, kalian harus selalu menjadi Leader bukan Follower,” pungkasnya.

Pastika yang didampingan Kepala SMA Bali Mandara, I Nyoman Darta juga memberikan kesempatan bagi para wakil alumni untuk mengutarakan pendapat dan sarannya. Rata-rata mereka menyampaikan terima kasih sudah diberikan kesempatan mengenyam pendidikan secara gratis, karena kemungkinan besar mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan jika tidak ada program ini.

Baca Juga :  Tingkatkan Optimalisasi Peran Organisasi Bagi Masyarakat, DWP Kota Denpasar Kaji Tiru ke DWP Kota Yogyakarta

Mereka juga berharap, fasilitas beasisiswa hingga bisa menyelesaikan pendidikan sarjana. Terakhir, mereka juga berharap program Bali Mandara bisa berjalan dengan sukses, dan semakin banyak anak-anak Bali yang kurang mampu bisa melanjutkan pendidikannya di SMA/SMK Bali Mandara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News